Salam dan Bahagia... kita mungkin sering mendengar istilah Intro ketika berselancar di dunia per-youtube-an π. Ya Betul... Intro adalah bagian penting dan menarik yang muncul di awal sebuah Video. Istilah intro biasa juga disebut dengan bumper. Dan keberadaan intro ini juga akan menarik jika digabungkan dengan Proyek Assemblr. Seperti apa cara pembuatan Intro yang menarik? Yuk ikuti Penjelasannya....
Intro Edugame PMM
Pada Bagian ini penulis ingin berbagi bagaimana cara pembuatan Intro pada Proyek PMM yang penulis buat sebelumnya. Ide pembuatan Proyek ini berawal dari undangan yang penulis terima untuk mengisi Sosialisasi Portal Merdeka Mengajar (PMM) di SMP Negeri 4 Bobotsari. Seiring dengan penulis telah berkenalan dengan Assemblr, maka muncul di benak penulis untuk membuat review Sosialisasi dengan menggunakan Proyek Assemblr. Berikut Contoh Intro yang penulis buat
Bagaimana Cara Membuatnya?
Untuk membuat Intro ini maka dibutuhkan beberapa Asset 2 Dimensi dan 3 Dimensi serta Video Youtube untuk Suara Intro. Berikut Detil objeknya :
1. Teks Judul dalam bentuk 3 Dimensi.
Teks 3 Dimensi ini disesuaikan secara berurutan dari atas hingga ke bawah dengan posisi X, Y dan Z yang ditentukan dengan bilangan bulat agar mudah untuk diingat dalam pembuatan interactivity. Jadi Posisi awal Teks 3 Dimensi tersebut harus diketahui Koordinat X, Y dan Z nya.
Contoh :
a. Teks "Selamat Datang Di" berada pada posisi koordinat X = 0, Y = 12 dan Z = 15
b. Teks "Portal Merdeka Mengajar" berada pada posisi koordinat X = 0, Y = 8 dan Z = 15. Penempatan Y dengan angka yang lebih kecil menunjukkan posisi akan berada di bawah objek yang angka pada sumbu Y nya lebih besar.
c. Teks Edugame berada pada koordinat X = 0, Y = 5 dan Z = 15.
Jangan lupa untuk posisi awal ini harus diingat sebagai koordinat yang akan dimasukkan pada Interractivity Move Custom.
Setelah ibu bapak memastikan posisi ini, silakan ubah sumbu Z nya menjadi -1000. Ini dilakukan agar nanti saat menggunakan Interactivity Move maka Objek Teks tersebut akan masuk dari bagian belakang seperti pada Video Intro di atas.
2. Logo PMM
Logo PMM dalam bentuk 2 Dimensi ini dibuat dengan cara mendownload dari Google, lalu menghapus backgroundnya dengan aplikasi online : remove.bg , agar dapat masuk ke Assemblr Studio sebagai file png. Lebih cepat lagi apabila ibu bapak mendownload langsung dari Google file png nya. Proses penetapan posisi dengan koordinat X, Y dan Z sama dengan di atas. Contoh Posisi Logo PMM berada di koordinat X = 0, Y = 15 dan Z = 15. Kalau posisi ini sudah disimpan atau diingat, maka ubah koordinat sumbu Z ke -1000.
3. Teks Start dan Bingkai Persegi Panjang untuk Pembuatan Trigger / Pemicu Interactivity.
Buatlah teks Start dalam bentuk 3 Dimensi dan Bingkai dari Objek 3 Dimensi pada topik Sign And Symbol. Posisikan pada tempat yang ibu bapak inginkan.
4. Teks anotasi Line.
Buat juga teks Anotasi Line untuk memberikan keterangan Petunjuk Cara Bermain Edu Game ini. Mengapa menggunakan Teks Anotasi Line? Agar para pemain dapat langsung mengetahui anotasi itu dengan judul yang ada dan menunjukkan tentang apa isi anotasi tersebut.
5. Video Intro No Copyright
Hal yang penting adalah dengan mencari Video Intro dari Youtube yang sifatnya No copyright. Adapun video intro yang saya gunakan dalam Proyek PMM tersebut adalah : https://www.youtube.com/watch?v=R_c58Y7WWuM. Video tidak dijadikan Autoplay, agar bisa diproses dengan menggunakan Interactivity. Ubah ukuran Video Intro / size menjadi 0, agar tidak nampak gambarnya dan hanya terdengar suaranya saja.
Menambahkan Interactivity
Untuk menyelesaikan Pembuatan Intro yang menarik, maka perlu adanya penggunaan Interactivity. Dan ini masih interactivity sederhana. Beberapa Interactivity yang digunakan dapat dilaksanakan dengan beberapa langkah sebagai berikut :
1. Klik pada bagian Teks (dan lakukan juga pada bagian bingkai perseginya juga ya π)
2. Klik Add Interactivity lalu masukkan beberapa Interactivity sebagai berikut :
a. Pilih Interactivity Move lalu pilih Custom dan pilih target sesuai dengan yang ibu bapak inginkan. Personalisasi target tersebut dengan koordinat awal seperti yang sudah disiapkan pada poin di atas sebagai berikut :
1). Teks "Selamat Datang Di" berada pada posisi koordinat X = 0, Y = 12 dan Z = 15
2). Teks "Portal Merdeka Mengajar" berada pada posisi koordinat X = 0, Y = 8 dan Z = 15. Penempatan Y dengan angka yang lebih kecil menunjukkan posisi akan berada di bawah objek yang angka pada sumbu Y nya lebih besar.
3). Teks Edugame berada pada koordinat X = 0, Y = 5 dan Z = 15.
4). Logo PMM berada di koordinat X = 0, Y = 15 dan Z = 15.
Pada bagian Advance Setting tentukan pada detik ke berapa masing-masing objek tersebut akan muncul dengan waktu kemunculan sampai berapa detik. Silakan bisa disesuaikan dengan keinginan.
b. Tambahkan Interactivity Video Control dan masukkan Link Video di atas ke bagian unggah Video. Personalisasi Video dengan Play saat detik ke 0 atau saat trigger diklik.
c. tambahkan Interactivity Jump Switch Scene, lalu pilih Scene ke-2. Pastikan Scene ke-2 sudah disiapkan terlebih dahulu. Pastikan juga detik saat pindah ke Scene ke-2 juga tidak terlalu cepat, jadi harus diketahui berapa lama waktu Audio Intro dimainkan.
Dengan demikian Intro Menarik di Edugame siap digunakan. Selamat Berkarya...
Mantap...sudah penuh blognya sama assemblr..semangat ya pak
BalasHapuskereeen π
BalasHapus