Mengenal Portal Merdeka Mengajar dengan Edugame Assemblr

Saat ini Kemdikbud Ristek RI tengah mendorong agar satuan pendidikan mempersiapkan diri untuk mengenal Kurikulum Merdeka. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Kemdikbud Ristek RI adalah meluncurkan Portal Merdeka Mengajar. Portal ini merupakan laman yang bisa diakses melalui Smartphone (Android, IOS, dll) maupun melalui Desktop (Laptop, Komputer, dll). Untuk mengakses melalui Smartphoe, maka dapat melakukan dalam 2 cara, yaitu dengan menginstall aplikasi Merdeka Mengajar di Playstore, dan bisa juga dengan memasukkan alamat guru.kemdikbud.go.id pada Browser Chrome. Sedangkan apabila menggunakan Desktop, bisa dengan memasukkan alamat guru.kemdikbud.go.id pada Browser Chrome.

PMM

Portal Merdeka Mengajar atau yang disingkat dengan PMM merupakan portal edukasi yang disiapkan oleh Kemdikbud untuk dapat membantu guru dalam melaksanakan pengembangan diri, serta untuk mempersiapkan guru dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka. Dalam PMM terdapat 2 bagian besar yaitu Pengembangan Guru dan Kegiatan Belajar Mengajar. Dalam bagian pengembangan guru terdapat 3 sub bagian, yaitu Video Inspirasi, Pelatihan Mandiri dan Bukti Karya Saya. Sedangkan di bagian kegiatan belajar mengajar terdapat 2 sub bagian yaitu Assesment Murid dan Perangkat Ajar.

Edugame Assemblr

Untuk memberikan pengenalan awal tentang PMM, penulis membuat Edugame yang dibuat dari Assemblr. Assemblr merupakan portal pembelajaran 3 Dimensi (3D) dan Augmented Reality (AR) yang memudahkan guru menyiapkan media ajar yang menarik dengan 3D dan AR. Pembuatan Edugame ini dibuat dengan menggunakan beberapa Slide yang digabungkan dengan objek 3 Dimensi, Audio, yang dikemas dalam beberapa interactivity.

Untuk melihat Edugame ini, silakan dapat melihat pada tautan berikut :




Beberapa tips yang dapat diketahui dalam pembuatan Proyek ini yaitu : 1. Tempatkan Objek Tulisan Judul pada sumbu Z -1000 dan munculkan dengan interactivity move custom. 2. Tempatkan Objek Icon PMM pada Slide 1 - Slide 7 dan berikan interactivity move ke objek true dan false sesuai dengan objek yang diinginkan 3. Masukkan Teks 3D untuk nama Sub Bagian dalam PMM, sesuai dengan penempatan interactivity true dan false yang diinginkan 4. Berikan Audio musik no copyright pada Slide 1 - Slide 7 5. Tambahkan Audio Salah dan Audio Applause saat jawaban benar dan tautkan dengan objek yang diinginkan sesuai dengan benar atau salahnya objek tersebut 6. Jangan lupa klik simpan di sela-sela waktu pembuatan. 7. Publikasikan karya Selamat berkarya

Komentar

Postingan Populer