Cara Membuat Simpul Anyam 3 Dimensi Menggunakan Assemblr Studio

Simpul Anyam adalah salah satu simpul yang seringkali dijadikan pertanyaan dalam perlombaan Pramuka, baik teori maupun praktek, seperti Pesta Siaga. Namun ada informasi lain yang seringkali dilupakan, yaitu tentang apa fungsi atau kegunaan Simpul Anyam. Sehingga ketika Praktik Perlombaan, hal ini yang seringkali dilupakan. Melalui postingan ini, setidaknya kita dapat mengetahui hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam pembuatan Simpul Anyam. Pada bagian akhir Postingan ini, akan ditautkan Cara Pembuatan Simpul Anyam secara 3 Dimensi, yang memudahkan dalam pembuatannya.

Fungsi Simpul Anyam

Simpul Anyam memiliki fungsi untuk menyambung dua utas tali yang tidak sama besar dalam keadaan kering. Tali yang disambung adalah tali yang tidak sama besar, dan proses penyambungannya dalam keadaan kering. Hal ini yang seringkali dilupakan dalam praktik pembuatan Simpul Anyam. Apabila tali sama besar, maka simpul yang digunakan untuk menyambung adalah Simpul Mati. Sedangkan apabila tali yang tidak sama besar dan dalam keadaan basah maka digunakan Simpul Anyam Berganda. 

Cara Pembuatan Proyek Simpul Anyam 3 Dimensi dengan Assemblr

Untuk membuat Proyek Simpul Anyam 3 Dimensi ini, maka dibutuhkan Aplikasi Assemblr Studio. Saya membuat dengan menggunakan Assemblr Studio Web. Caranya pembuatannya terbilang berada di Tingkat Level Sedang. Berikut proses pembuatannya :

1. Menyusun Objek 3 Dimensi Balok menjadi bentuk Tali. Gunakan warna yang berbeda untuk membedakan antara tali yang satu dengan tali yang lain. 

2. Membuat Kelengkapan untuk memberikan penjelasan, serta digunakan untuk Trigger (Pemicu) proses pembuatan Simpul anyam

Untuk melengkapi, saya membuat Teks Judul, Teks Cara membuat dan Teks proses atau langkah pembuatan (Satu, Dua, Tiga, Empat). Hal yang ditambahkan untuk memperjelas prosesnya adalah membuat Anotasi Lingkaran (Circle Annotation) yang berisi langkah-langkah pembuatan dalam bentuk teks penjelasan.3. Memberikan Interactivity berupa perintah Hide (Sembunyikan) dan Show (Tampilkan). Semua Objek diberikan perintah Hide (tanpa interactivity). Trigger Kata Dua digunakan untuk memberikan perintah Show untuk tali berwarna kuning dan Trigger kata Tiga digunakan untuk memberikan perintah Show untuk tali berwarna merah. Tambahkan Trigger kata Ulangi untuk memberikan perintah Hide untuk semua objek kembali agar proses pembuatan dapat dimulai dari awal.


4. Lengkapi proyek dengan Latarbelakang, dan Musik. Proyek Siap untuk digunakan. Selamat Berkarya

Penulis : Daniel Dwimawan

Komentar

Postingan Populer