Belajar Interactivity Move di Assemblr dengan Koordinat X, Y dan Z
Apakah ibu bapak masih kebingungan dengan penggunaan Interactivity Move di Assemblr yang menggunakan koordinat X, Y dan Z? Mari belajar bersama di sini.
Koordinat X, Y dan Z
Sebelum kita mempelajari tentang interactivity Move dengan koordinat X, Y dan Z, maka perlu diketahui dulu tentang apa sebenarnya fungsi dari Koordinat X, Y dan Z.
Setiap Objek baik 3 Dimensi maupun 2 Dimensi di Assemblr memiliki koordinat X, Y dan Z. Seperti pada gambar 1.1 di atas, Pesawat tersebut memiliki Koordinat X, Y dan Z. Koordinat ini menentukan dimana posisi dari pesawat tersebut diletakkan. Pada Kanvas Assemblr, posisi pesawat berada di koordinat X = 0, Y = 3,553 dan Z = 0.
Koordinat X memiliki fungsi untuk memindahkan objek bergeser ke kanan dan ke kiri. Apabila angka dari koordinat X adalah Bilangan positif, maka semakin besar bilangan tersebut, objek akan bergeser ke Kiri (red. dilihat dari editor). Sedangkan apabila bilangan negatif, maka semakin besar bilangan negatif tersebut, objek akan bergeser ke Kanan. (red. dilihat dari editor).
Koordinat Y memiliki fungsi untuk memindahkan objek bergeser ke atas dan ke bawah. Apabila angka dari koordinat Y adalah bilangan positif, maka semakin besar bilangan tersebut, objek akan bergeser ke atas. Sedangkan apabila bilangan negatif, maka semakin besar bilangan negatif tersebut, objek akan bergeser ke bawah.
Koordinat Z memiliki fungsi untuk memindahkan objek bergeser ke depan dan ke belakang. Apabila angka dari koordinat Z adalah bilangan positif, maka semakin besar bilangan tersebut, objek akan bergeser ke depan. Sedangkan apabila bilangan negatif, maka semakin besar bilangan negatif tersebut, objek akan bergeser ke belakang.
Interactivity Move Custom
Interactivity merupakan fitur unggulan dari Assemblr yang memungkinkan objek dapat bergerak dengan perpindahan tempat, disembunyikan, dimunculkan, berputar, dan membesar sesuai dengan keinginan kita. Pada bagian ini dibahas tentang pergerakan berpindah tempat yang diatur oleh koordinat tertentu (Move Custom). Caranya, dapat dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut :
1. Klik pada objek yang akan dipindahkan.
2. Klik Ad Interactivity
3. Pilih Interactivity Move lalu Custom
4. Pada bagian tengah tersedia target koordinatnya, maka tentukan target koordinat objek selanjutnya.
Sesuai gambar, penulis mengharapkan pergerakan pesawat selanjutnya adalah bergerak ke Kiri pada koordinat X = 10 sambil maju ke depan pada koordinat Z = 10 dan naik ke atas pada koordinat Y = 5. Tentukan juga kapan pesawat bergerak, dengan menulis 0 pada start time agar saat di klik pesawat akan langsung bergerak, serta durasi / lama waktu bergerak dari titik awal ke titik selnjutnya (pada gambar adalah 1 detik). Apabila di klik, maka pesawat akan bergerak dari titik awal ke titik selanjutnya sesuai koordinat tersebut.
Untuk pergerakan berbelok arah, maka perlu ditambahkan dengan Inveractivity lainnya, yang akan dibahas pada waktu selanjutnya. Selamat Belajar, Selamat Berkarya, Salam dan Bahagia.
Komentar
Posting Komentar